Tips Bola

Cara Diet Alami Ibu Menyusui Yang Tepat

Cara diet alamai ibu menyusui biasanya sering dilakukan oleh para ibu-ibu setelah melahirkan. Karena seperti yang kita ketahui bahwa perempuan yang hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang sangat tinggi. Oleh karena itu tidak heran bahwa ibu yang habis melahirkan menginginkan berat badan yang normal kembali ketubuhnya. Tetapi diet yang ketat tidak baik jika dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui, karena apabila mereka melakukan diet yang ketat akan mengganggu produksi asi dan juga pertumbuhan sang bayi. Untuk ibu yang sedang menyusui memang perlu cukup nutrisi dan gizi agar menghasilkan asi yang berkualitas. Asi yang berkualitas tentunya akan berpengaruh dan berdampak baik untuk tumbuh kembang sang bayi.

Menurunkan berat badan pada ibu yang sedang menyusui dengan cara diet  alami bisa dilakukan oleh para ibu yang sedang menyusui. Tetaplah menyususi bayi sampai usia 2 tahun, karena tubuh ibu yang menyusui akan memproduksi hormon yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengembalikan bentuk tubuh secara alami. Ada beberapa penelitian yang mengatakan, dengan menyusui, tubuh membakar sekitar 300-500 kkal/hari. Ini setara dengan bersepeda selama 1 jam.  Yang selanjutny adalah pilihlah makanan dengan lebih banyak mengonsumsi sayur, buah, karbohidrat kompleks, dan sumber protein rendah lemak, serta cukup cairan.  Alangkah baiknya jika ibu menghindari makanan cepat saji, makanlah dalam porsi kecil tetapi sering,

Selain itu, konsumsilah buah akan kaya warna misalnya apel pisang dan jeruk. Dengan ibu mengonsumsi buah akan sangat membantu asi ibu tetap seimbang dan aman untuk si bayi. Perbanyak minum air putih, karena ibu menyusui membutuhkan asupan air yang jauh lebih banyak dari pada orang biasanya yang tidak menyusui. Mengonsumsi air yang banyak dan juga jus tanpa gula akan lebih baik dalam melaksankanan program diet tersebut.  selanjutnya yaitu melakukan aktivitas harian, ibu menyusui tetap harus melakukan aktivitas harian kita seperti biasanya. Karena dengan tetap melakukan aktivitas lemak yang ada ditubuh ibu akan terbakar. Sehingga tidak akan terjadi penumpukan di dalam tubuh.